Jumat, 29 Maret 2013

KONSEP DASAR KETERAMPILAN

KONSEP DASAR KETERAMPILAN
  • Pengertian Pendidikan Keterampilan
    ialah bimbingan yang diberikan kepada anak agar memiliki kemampuan dalam hal membuat/ mencipta untuk melakukan sesuatu dengan baik dan cermat terhadap sumber-sumber yang ada dilingkungannya menjadi barang-barang kerajinan yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan.
    Dalam artian sempit, Keterampilan ditujukan pada kegiatan-kegiatan berupa perbuatan. Dengan demikian pendidikan keterampilan adalah pendidikan prakarya.
  • Pengertian Keterampilan
    yaitu kemampuan menggunakan nalar, pikiran dan perbuatan dalam mengerjakan sesuatu secara efektif dan efisien.
    Jenis-jenis Keterampilan
    1. Kerajinan
      adalah hal yang berkaitan dengan buatan tangan atau kegiatan yang berkaitan dengan barang yang dihasilkan melalui keterampilan tangan.
      Klasifikasi:
      a.) perspektif medium/bahan: kerajinan batu, keramik, gerabah, logam, kaca, karet, plastik, dedaunan, buah.
      b.) Perspektif Proses: pencetakan, pembakaran, pemanasan, pewarnaan, penganyaman, pengukiran, pengguntingan, dan penjahitan.
      c.) Perspektif Fungsi: fungsi praktis (pemuas kebutuhan akan keindahan) dan fungsi estetik (perwujudan dari ide dan rasa tentang keindahan yang dibuat secara khusus
    2. Ketukangan: elektronik, kayu, bambu, listrik.
    3. peternakan
    4. bercocok tanam
    5. Kewanitaan: Boga, busana, graha
      Tata boga: ialah pengetahuan di bidang boga (seni mengolah masakan/yang mencakup ruang lingkup makanan dari persiapan pengolahan sampai dengan menghidangkan masakan/makanan itu sendiri yang bersifat tradisional maupun internasional.
      Tata Graha: mengatur atau menata peralatan, menjaga kebersihan dan kenyamanan, memperbaiki kerusakan dan memberi dekorasi dengan tujuan agar rumah/ hotel tampak rapi, bersih, menarik dan menyenangkan bagi penghuninya.
      Tata Busana: cara-cara atau aturan-aturan dalam berbusana, berias dll.

1 komentar: