RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R
P P )
KELAS RANGKAP
Sekolah : ………………..
Mata Pelajaran : IPA, PKn dan Matematika
Kelas / Semester : IV, V, dan VI / I
Materi Pokok / Topik : Daur hidup beragam jenis makhluk hidup.,
Keutuhan NKRI dan Penyajian Data dalam bentuk tabel
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
A. Standar Kompetensi
1. Kelas
IV/IPA : 4. Memahami daur hidup beragam jenis
makhluk hidup.
2.
Kelas V/ PKn :
1. Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
3.
Kelas VI/ Matematika :
4. Mengumpulkan dan mengolah data.
B. Kompetensi Dasar
1.
Kelas IV/IPA :
4.1
Mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar,
misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu, kucing.
2.
Kelas V/ PKn :1.2 Menjelaskan pentingnya keutuhan
Negara Kesatuan Republik Indonesia
3.
Kelas VI/ Matematika :
4.2 Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk tabel.
C. Indikator
Kelas IV/ IPA
4.1.1
Mendeskripsikan
urutan daur hidup kupu-kupu, nyamuk, dan kecoa secara sederhana.
4.1.2
Mendeskripsikan
perubahan bentuk hewan saat tumbuh dan
berkembang.
Kelas V/ PKn
1.2.1
Menjelaskan pentingnya Keutuhan Negara Republik
Indonesia
1.2.2
Menunjukkan hal-hal yang dilakukan untuk menjaga Keutuhan
Negara Republik Indonesia
1.2.3
Mendeskripsikan manfaat dari persatuan dan kesatuan
1.2.4
Menjelaskan pentingnya persatuan dan kesatuan
Kelas IV/ Matematika
4.2.1
Menyajikan data dalam bentuk tabel
4.2.2
Menentukan data terendah dari tabel data.
D. Tujuan pembelajaran :
Kelas IV/ IPA
1. Melalui media gambar siswa dapat
mendeskripsikan urutan daur hidup kupu-kupu, nyamuk dan kecoa secara sederhana
dengan benar.
2. Melalui penjelasan dari guru siswa dapat
mendeskripsikan perubahan bentuk hewan saat tumbuh dan berkembang dengan benar
Kelas V/ PKn
1.
Melalui penjelasan dari guru, siswa dapat
mendeskripsikan hal-hal yang dilakukan
untuk menjaga Keutuhan Negara Republik Indonesia dengan benar
2.
Melalui media gambar yang di pajang di papan tulis, siswa
dapat Menunjukkan hal-hal yang dilakukan
untuk menjaga Keutuhan Negara Republik Indonesia dengan benar
3.
Melalui kerja kelompok dengan teman, siswa dapat
mendeskripsikan manfaat dari persatuan dan kesatuan dengan benar
4.
Melalui kerja kelompok dengan teman, siswa dapat menjelaskan
pentingnya dari persatuan dan kesatuan dengan benar
Kelas IV/ Matematika
1.
Disediakan data umur siswa Kelas VI SD Ngaliyan 02,
siswa dapat menyajikan data tersebut dalam bentuk tabel dengan benar.
2.
Melalui pengamatan terhadap tabel data, siswa dapat
menentukan data terendah dari tabel dengan tepat.
3.
Melalui pengamatan terhadap tabel data, siswa dapat
menentukan data tertinggi dari tabel dengan tepat.
Karakter Siswa Yang Diharapkan
Disiplin ( Discipline ), Tekun ( Diligence ), Tanggung jawab ( Responsibility ), Ketelitian ( Carefulness ), Kerja sama ( Cooperation ), Percaya
diri ( Confidence ), Keberanian
( Bravery ).
E. Materi Pokok
1. Kelas
IV/IPA : Urutan daur hidup kupu-kupu, nyamuk, dan kecoa
dan Contoh hewan yang mengalami perubahan bentuk saat tumbuh dan berkembang
2.
Kelas V/ PKn : Pentingnya Keutuhan Negara
Kesatuan Republik Indonesia
3.
Kelas VI/ Matematika : Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk tabel
F. Metode dan Model Pembelajaran
Metode:
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3.
Tanya Jawab
Model pembelajaran: Kooperatif tipe STAD
G. Langkah-langkah pembelajaran :
Tahap
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
||||
Kelas
4
|
Kelas
5
|
Kelas
6
|
||||
1. Pra
kegiatan
|
1.
Salam
2.
Doa
3.
Presensi
4.
Mempersiapkan media dan sumber belajar.
|
5 menit
|
||||
2. Kegiatan
awal
|
1.
Guru menuliskan judul materi.
2.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
3.
Menggali pengetahuan prasyarat siswa dengan
melakukan Tanya jawab dengan siswa
4.
Siswa diberi memotivasi dan semangat
sebelum mendapat materi pelajaran,
5.
Guru menginformasikan kegiatan yang akan
dilakukan dan menunjuk siswa untuk menjadi tutor bagi temannya.
|
10 menit
|
||||
3. Kegiatan
Inti
|
1. Guru
membagi kelas menjadi beberapa kelompok heterogen dengan anggota 4-5 orang.
(elaborasi)
2. Guru
membagikan LKS Kepada setiap kelompok. (elaborasi)
3. Siswa
berdiskusi untuk menceritakan daur hidup Kupu-kupu (elaborasi)
4. Membahas
hasil diskusi dengan mempresentasikannya di depan kelas. (eksplorasi)
5. Siswa
diminta untuk mencatat hasil diskusi. (eksplorasi)
6. Guru
menjelaskan materi tentang Urutan
daur hidup kupu-kupu, nyamuk, dan kecoa dan Contoh hewan yang mengalami perubahan bentuk saat tumbuh dan berkembang menggunakan gambar-gambar (eksplorasi)
7. Guru
memberi kesempatan pada siswa untuk bertanya hal yang belum dipahami
(konfirmasi)
8. Guru
memberi penghargaan pada Kelompok yang memiliki nilai tertinggi dan juga
kepada siswa yang paling aktif. (konfirmasi)
9. Siswa
mengerjakan evaluasi yang diberikan oleh guru.
|
1. Guru
membagi kelas menjadi beberapa kelompok heterogen dengan anggota 4-5 orang.
(elaborasi)
2. Guru
membagikan LKS Kepada setiap kelompok (elaborasi)
3. Siswa
berdiskusi untuk menyelesaikan LKS yang diberikan oleh guru.(elaborasi)
4. Guru
meminta agar masing-masing kelompok melaporkan hasil kerja kelompoknya.
(elaborasi)
5. Guru
melengkapi keterangan siswa / kelompok agar menjadikan siswa lebih paham
(elaborasi)
6. Guru
meminta siswa untuk membaca materi di buku dan meminta siswa menyebutkan manfaat
keutuhan NKRI dan hal-hal yang bisa dilakukan untuk menjaga keutuhan NKRI
(eksplorasi)
7. Selanjutnya
guru membawa media beberapa sapu lidi yang diibaratkan tiap satu sapu lidi
adalah suku bangsa di Indonesia dan menerangkan kepada siswa tentang maksud
dari sapu lidi (eksplorasi)
8. Guru
memberi kesempatan pada siswa untuk bertanya hal yang belum dipahami
(konfirmasi)
9. Guru
memberi penghargaan pada Kelompok yang memiliki nilai tertinggi dan juga siswa
yang aktif (konfirmasi)
|
1.
Guru Menjelaskan materi tentang Mengolah dan
menyajikan data dalam bentuk tabel. (eksplorasi)
2.
Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok
heterogen dengan anggota 4-5 orang. (elaborasi)
3.
Guru membagikan LKS pada masing-masing
kelompok (elaborasi)
4.
Siswa berdiskusi secara kelompok mengerjakan
LKS dari guru (Eksplorasi)
5.
Guru meminta perwakilan kelompok untuk
mempresentasikan hasil kerja kelompoknya. (elaborasi)
6.
Guru melengkapi keterangan siswa / kelompok
agar menjadikan siswa lebih paham (elaborasi)
7.
Guru memberi kesempatan pada siswa untuk
bertanya hal yang belum dipahami (konfirmasi)
8.
Guru memberi penghargaan pada Kelompok yang
memiliki nilai tertinggi dan juga kepada siswa yang paling aktif.
(konfirmasi).
9.
Siswa mengerjakan evaluasi yang diberikan oleh
guru.
|
45 menit
|
||
Penutup
|
Tindak Lanjut (guru
memberikan PR kepada siswa)
|
Tindak lanjut (siswa
menukarkan hasil pekerjaannya untuk dikoreksi teman yang lain)
|
Tindak lanjut (siswa
menukarkan hasil pekerjaannya untuk dikoreksi teman yang lain)
|
10 menit
|
||
H. Sumber dan Media Pembelajaran
Sumber Pembelajaran:
§ Standar
Isi dan Standar Proses
§ Buku IPA kelas 4 (BSE, Budi Wahyono)
Hal.48-50BSE Buku Matematika kelas VI Semester 1
§ (Buku
BSE Mari Belajar Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD/MI Kelas V , halaman 3-12,
karangan Sulhan Najib, dkk, tahun 2008)
§ (Buku
Pendidikan Kewarganegaran Kelas 5 SD/MI , halaman 9-15, karangan Sunarso, dkk, tahun
2008)
§ (Buku
PKn Kelas 5 SD/MI , halaman 10-16, karangan Sunarso MS.i, tahun 2008)
§ Pokok-Pokok Materi Statistik 1 edisi
Kedua oleh Ir. M. Iqbal Hasan,M.M
§ Model-Model Pembelajaran Inovatif oleh
Trianto (2007)
Media Pembelajaran :
§ Gambar-gambar
§ Sapu
lidi
I. Penilaian
Teknik Penilaian :
tertulis, performance
Bentuk penilaian : pilihan
ganda dan uraian
Instrument penilaian :
terlampir
Semarang, ……..Mei 2013
Mengetahui,
Kepala Sekolah
NIP…………………….
|
Guru Kelas,
NIP……………….
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar