Selasa, 04 Juni 2013

RPP PKR Model 3 3 3



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R P P )
KELAS RANGKAP

                        Sekolah                       :     ………………..
                        Mata Pelajaran                  :     IPA, PKn dan Matematika
                        Kelas / Semester                :     IV, V, dan VI / I
                        Materi Pokok / Topik        :     Daur hidup beragam jenis makhluk hidup., Keutuhan NKRI dan Penyajian Data dalam bentuk tabel
                        Alokasi Waktu                  :     2 x 35 menit
                       

A.    Standar Kompetensi
1.      Kelas IV/IPA              : 4.   Memahami daur hidup beragam jenis makhluk hidup.
2.      Kelas V/ PKn              : 1. Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
3.      Kelas VI/ Matematika : 4. Mengumpulkan dan mengolah data.

B.     Kompetensi Dasar
1.         Kelas IV/IPA                         : 4.1   Mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar, misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu, kucing.
2.         Kelas V/ PKn                         :1.2 Menjelaskan pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia
3.         Kelas VI/ Matematika           : 4.2 Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk tabel.

C.    Indikator
Kelas IV/ IPA
4.1.1        Mendeskripsikan urutan daur hidup kupu-kupu, nyamuk, dan kecoa secara sederhana.
4.1.2        Mendeskripsikan perubahan bentuk hewan  saat tumbuh dan berkembang.
Kelas V/ PKn
1.2.1        Menjelaskan pentingnya Keutuhan Negara Republik Indonesia
1.2.2        Menunjukkan hal-hal yang dilakukan untuk menjaga Keutuhan Negara Republik Indonesia
1.2.3        Mendeskripsikan manfaat dari persatuan dan kesatuan
1.2.4        Menjelaskan pentingnya persatuan dan kesatuan
Kelas IV/ Matematika
4.2.1              Menyajikan data dalam bentuk tabel
4.2.2              Menentukan data terendah dari tabel data.
4.2.3              Menentukan data tertinggi dari tabel data.

D.    Tujuan pembelajaran :
Kelas IV/ IPA
1.      Melalui media gambar siswa dapat mendeskripsikan urutan daur hidup kupu-kupu, nyamuk dan kecoa secara sederhana dengan benar.
2.      Melalui penjelasan dari guru siswa dapat mendeskripsikan perubahan bentuk hewan saat tumbuh dan berkembang dengan benar
Kelas V/ PKn
1.      Melalui penjelasan dari guru, siswa dapat mendeskripsikan hal-hal  yang dilakukan untuk menjaga Keutuhan Negara Republik Indonesia dengan benar
2.      Melalui media gambar yang di pajang di papan tulis, siswa dapat  Menunjukkan hal-hal yang dilakukan untuk menjaga Keutuhan Negara Republik Indonesia dengan benar
3.      Melalui kerja kelompok dengan teman, siswa dapat mendeskripsikan manfaat dari persatuan dan kesatuan dengan benar
4.      Melalui kerja kelompok dengan teman, siswa dapat menjelaskan pentingnya dari persatuan dan kesatuan dengan benar
Kelas IV/ Matematika
1.         Disediakan data umur siswa Kelas VI SD Ngaliyan 02, siswa dapat menyajikan data tersebut dalam bentuk tabel dengan benar.
2.         Melalui pengamatan terhadap tabel data, siswa dapat menentukan data terendah dari tabel dengan tepat.
3.         Melalui pengamatan terhadap tabel data, siswa dapat menentukan data tertinggi dari tabel dengan tepat.



Karakter  Siswa Yang Diharapkan
Disiplin ( Discipline ), Tekun       ( Diligence ), Tanggung jawab ( Responsibility ), Ketelitian  ( Carefulness ), Kerja sama  ( Cooperation ), Percaya diri ( Confidence ), Keberanian ( Bravery ).

E.     Materi Pokok
1.      Kelas IV/IPA              : Urutan daur hidup kupu-kupu, nyamuk, dan kecoa dan  Contoh hewan yang mengalami perubahan bentuk saat tumbuh dan berkembang
2.      Kelas V/ PKn              : Pentingnya Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia
3.      Kelas VI/ Matematika : Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk tabel

F.     Metode dan Model Pembelajaran
Metode:
1.      Ceramah
2.      Diskusi
3.      Tanya Jawab
Model pembelajaran: Kooperatif tipe STAD

G.    Langkah-langkah pembelajaran :
Tahap Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Kelas 4
Kelas 5
Kelas 6
1.      Pra kegiatan
1.      Salam
2.      Doa
3.      Presensi
4.      Mempersiapkan media dan sumber belajar.
5 menit
2.      Kegiatan awal
1.    Guru menuliskan judul materi.
2.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
3.    Menggali pengetahuan prasyarat siswa dengan melakukan Tanya jawab dengan siswa
4.    Siswa diberi memotivasi dan semangat sebelum mendapat materi pelajaran,
5.    Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilakukan dan menunjuk siswa untuk menjadi tutor bagi temannya.

10 menit
3.      Kegiatan Inti
1.      Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok heterogen dengan anggota 4-5 orang. (elaborasi)
2.      Guru membagikan LKS Kepada setiap kelompok. (elaborasi)
3.      Siswa berdiskusi untuk menceritakan daur hidup Kupu-kupu (elaborasi)
4.      Membahas hasil diskusi dengan mempresentasikannya di depan kelas. (eksplorasi)
5.      Siswa diminta untuk mencatat hasil diskusi. (eksplorasi)
6.      Guru menjelaskan materi tentang Urutan daur hidup kupu-kupu, nyamuk, dan kecoa dan  Contoh hewan yang mengalami perubahan bentuk saat tumbuh dan berkembang menggunakan gambar-gambar (eksplorasi)
7.      Guru memberi kesempatan pada siswa untuk bertanya hal yang belum dipahami (konfirmasi)
8.      Guru memberi penghargaan pada Kelompok yang memiliki nilai tertinggi dan juga kepada siswa yang paling aktif. (konfirmasi)
9.      Siswa mengerjakan evaluasi yang diberikan oleh guru.
1.    Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok heterogen dengan anggota 4-5 orang. (elaborasi)
2.    Guru membagikan LKS Kepada setiap kelompok (elaborasi)
3.    Siswa berdiskusi untuk menyelesaikan LKS yang diberikan oleh guru.(elaborasi)
4.    Guru meminta agar masing-masing kelompok melaporkan hasil kerja kelompoknya. (elaborasi)
5.    Guru melengkapi keterangan siswa / kelompok agar menjadikan siswa lebih paham (elaborasi)
6.    Guru meminta siswa untuk membaca materi di buku dan meminta siswa menyebutkan manfaat keutuhan NKRI dan hal-hal yang bisa dilakukan untuk menjaga keutuhan NKRI (eksplorasi)
7.    Selanjutnya guru membawa media beberapa sapu lidi yang diibaratkan tiap satu sapu lidi adalah suku bangsa di Indonesia dan menerangkan kepada siswa tentang maksud dari sapu lidi (eksplorasi)
8.    Guru memberi kesempatan pada siswa untuk bertanya hal yang belum dipahami (konfirmasi)
9.    Guru memberi penghargaan pada Kelompok yang memiliki nilai tertinggi dan juga siswa yang aktif (konfirmasi)

1.      Guru Menjelaskan materi tentang Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk tabel. (eksplorasi)
2.      Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok heterogen dengan anggota 4-5 orang. (elaborasi)
3.      Guru membagikan LKS pada masing-masing kelompok (elaborasi)
4.      Siswa berdiskusi secara kelompok mengerjakan LKS dari guru (Eksplorasi)
5.      Guru meminta perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya. (elaborasi)
6.      Guru melengkapi keterangan siswa / kelompok agar menjadikan siswa lebih paham (elaborasi)
7.      Guru memberi kesempatan pada siswa untuk bertanya hal yang belum dipahami (konfirmasi)
8.      Guru memberi penghargaan pada Kelompok yang memiliki nilai tertinggi dan juga kepada siswa yang paling aktif. (konfirmasi).
9.      Siswa mengerjakan evaluasi yang diberikan oleh guru.
45 menit
Penutup
Tindak Lanjut (guru memberikan PR kepada siswa)
Tindak lanjut (siswa menukarkan hasil pekerjaannya untuk dikoreksi teman yang lain)
Tindak lanjut (siswa menukarkan hasil pekerjaannya untuk dikoreksi teman yang lain)
10 menit








H.    Sumber dan Media Pembelajaran
Sumber Pembelajaran:
§  Standar Isi dan Standar Proses
§  Buku IPA kelas 4 (BSE, Budi Wahyono) Hal.48-50BSE Buku Matematika kelas VI Semester 1
§  (Buku BSE Mari Belajar Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD/MI Kelas V , halaman 3-12, karangan Sulhan Najib, dkk, tahun 2008)
§  (Buku Pendidikan Kewarganegaran Kelas 5 SD/MI , halaman 9-15, karangan Sunarso, dkk, tahun 2008)
§  (Buku PKn Kelas 5 SD/MI , halaman 10-16, karangan Sunarso MS.i, tahun 2008)
§  Pokok-Pokok Materi Statistik 1 edisi Kedua oleh Ir. M. Iqbal Hasan,M.M
§  Model-Model Pembelajaran Inovatif oleh Trianto (2007)
Media Pembelajaran : 
§  Gambar-gambar
§  Sapu lidi

I.       Penilaian
Teknik Penilaian                 : tertulis, performance
Bentuk penilaian                : pilihan ganda dan uraian
Instrument penilaian           : terlampir

                                                                             Semarang, ……..Mei 2013

Mengetahui,
Kepala Sekolah


NIP…………………….

Guru Kelas,


NIP……………….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar