Jumat, 12 Oktober 2012

ANALISI BUKU


ANALISIS BUKU/ MATERI
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SD/MI KELAS VI
Penerbit: Bse (Buku Sekolah Elektronik)
Pengarang: Setiati Widihastuti Dan Fajar Rahayuningsih


Standar Kompetensi :  
4. Memahami peranan politik luar negeri Indonesia dalam era globalisasi
Kompetensi Dasar     :  
4.2 Memberikan contoh peranan politik Indonesia dalam percaturan internasional


ANALISIS

A.    Kesesuaian Isi
Antara Kompetensi Dasar dalam Standar Isi dan dalam Buku sudah sesuai. dibeberapa kompetensi dasar di bahas tiap-tiap materi. Sehingga pemahaman siswa mengenai materi lebih mendalam. Terutama dalam hal ini adalah pada Kompetensi dasar  dalam standar isi yaitu; 4.2 Memberikan contoh peranan politik luar negeri Indonesia dalam percaturan internasional, dalam buku text BSE ini Kompetensi dasar tersebut dipaparkan dalam bab 4 sub bab kedua secara mendetail, sehingga dengan begitu siswa memiliki wawasan dan pemahaman yang luas.

B.     Civic Knowladge
Buku ajar BSE pada Bab 4 ini telah mengembangkan civic knowladge karena didalamnya dijelaskan mengenai sejarah serta kegiatan politik Indonesia yang bebas aktif dalam lingkup Internasional. Dengan civic knowladge ini siswa diharapkan mampu memahami mengapa Indonesia menggunakan politik yang bebas aktif yang tidak menyimpang dari nilai-nilai Pancasila.


C.     Civic Skill
Pada Bab 4 ini belum mengembangkan civic skill. Sehingga kemungkinan dapat mengakibatkan ketidakpahaman pada siswa.
D.    Civic Disposition
Buku ajar BSE ini terutama pada Bab 4 belum mengembangkan civic disposition karena dalam buku ini siswa hanya diberi pemaparan dan penjelasan seputar kegiatan politik Indonesia bebas aktif serta peran Indonesia dalam percaturan Internasional.

E.     Penyajian dalam buku ajar
Penyajian dalam buku ajar ini cukup menarik. Punya indikator yang jelas,  
pemberian gambar-gambar serta lay out yang dapat menarik perhatian peserta didik serta ada beberapa pengetahuan-pengetahuan diluar materi yang disisipkan untuk menambah wawasan dari siswa. Dalam buku BSE ini terutama dilengkapi dengan evaluasi pada tiap-tiap akhir bab, serta kuis dan kegiatan pada tiap-tiap sub bab. Hal itu dapat menjadi stimulus bagi siswa agar lebih giat belajar.

F.      Kegrafikan dalam buku ajar
Kegrafikan sudah sesuai gender perempuan dan laki-laki dalam buku sudah adil dan seimbang atau tidak bias gender. Pada buku ini banyak menjelaskan tokoh politik Indonesia yang menggagas politik Indonesia yang bebas aktif serta peran Indonesia dalam percaturan internasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar