MODEL KURIKULUM
(resume materi perkuliahan Pengembangan kurikulum 25 sept 2012)
1. Model Taylor
Ada 4 tahap yang perlu diperhatikan, yaitu:
- Menentukan tujuan (baik tujuan kurikuler maupun tujuan nasional)
- Menentukan proses pembelajaran yang harus dilakukan
- Menentukan organisasi kurikulum
- Menentukan evaluasi belajar (evaluasi proses dan hasil)
2. Model Administratif (Top-Down)
3. Model Grass Roots (botton-up)
==> Guru sebagai pelaksana di sekolah
Hal yang harus diperhatikan, yaitu:
a. Guru harus mempunyai kemampuan professional
b. Guru harus terlibat penuh dalam perbaikan kurikulum, penyelesaian dan permasalahan kurikulum. Guru harus terlibat langsung dalam perumusan tujuan, penentuan bahan dan penentuan evaluasi
4. Model Demonstrasi (botton- up)
Tergantung satuan pendidikan masing-masing
5. Model Miler
Kombinasi, konvergensi dari model transmisi (Gagne) dan model Transaksi (Taba)
Hal yang perlu diperhatikan
a. Klarifikasi orientasi ==> contoh: mengajarkan IPA di semarang akan berbeda dengan mengajarkan IPA di NTT maupun daerah lainnya.
b. Pengembangan tujuan ==> menyesuaikan dengan lingkungan
c. Identifikasi model mengajar
d. Implementasi
6. Model Taba
==> Modifikasi dari model Miller
==> Faktor utama dalam mengembangkan kurikulum adalah Guru
==> Hal yang harus diperhatikan: faktor intern (input) dan ekstern (lingkungan)
[NK]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar