Jumat, 29 Maret 2013

Contoh Teori Van Hiele kelas 2 semester 2


Berikut contoh RPP Van Hiele buatanq, tolong beri komentarnya ya demi pembelajaran bersama. terima kasih :), semoga bermanfaat.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran                        : Matematika
Kelas / Semester                      : II/ 2
Alokasi waktu                         : 2 x 35 menit ( 1 x pertemuan)


I.             STANDAR KOMPETENSI
4.      Mengenal unsur-unsur bangun datar sederhana

II.          KOMPETENSI DASAR
4.1.   Mengelompokkan bangun datar

III.       INDIKATOR
3.1.2  Mengelompokan bangun-bangun datar menurut bentuknya
3.1.3  Mengurutkan bangun-bangun datar menurut ukurannya

IV.       TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Melalui pengamatan gambar bangun datar siswa dapat mengelompokkan bangun-bangun datar menurut bentuknya dengan tepat
2.      Melalui pengamatan gambar bangun datar siswa dapat mengurutkan bangun-bangun datar menurut ukurannya dengan tepat
3.      Dengan analisis gambar bangun-bangun datar, siswa dapat menyebutkan yang termasuk kelompok segi empat, minimal 2 macam.
Karakter yang diharapkan:
Kedisiplinan, ketelitian, tanggung jawab, percaya diri, keberanian

V.          MATERI POKOK :
Macam-macam Bangun datar

VI.       METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
Ø  Metode yang digunakan :
a.       Tanya jawab
b.      Demonstrasi
c.       Inquiry
d.      Penugasan
Ø  Model Pembelajaran :
Model Pembelajaran Van hiele

VII.    LANGKAH PEMBELAJARAN
1.      Pra Pembelajaran
a.       Menyiapkan rencana pembelajaran
b.      Salam
c.       Doa
d.      Presensi
e.       Mengatur tempat duduk siswa
2.      Kegiatan Awal
a.       Guru mengajak siswa untuk menyanyikan lagu “balonku”
b.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
3.      Kegiatan Inti
Fase 1 (Inkuiri/Informasi)
a.       Dengan tanya jawab antara guru dengan siswa, guru menyampaikan konsep-konsep awal tentang bangun datar, untuk menggali sejauh mana pengetahuan siswa terhadap materi yang akan dipelajari. (eksplorasi)
b.      Guru mengajukan informasi baru dalam setiap pertanyaan yang dirancang secermat mungkin. Balon itu bentuknya apa? Seperti Apa itu segiempat? Apa saja yang termasuk segi emapat? dan seterusnya. (eksplorasi)
Fase 2 (Orientasi Berarah)
c.       Guru Menunjukkan gambar-gambar  bangun datar, siswa menyebutkan bangun datar yang ditunjukkan guru.(eksplorasi)
d.      Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok heterogen yang beranggotakan 4-5 orang.(elaborasi)
e.       Guru membagikan gambar-gambar bangun datar kepada dan LKS untuk tiap-tiap kelompok.(elaborasi)
f.       Siswa berdiskusi untuk mengerjakan LKS yang diberikan oleh guru. (eksplorasi)
g.      Guru meminta setiap siswa untuk mengelompokkan bangun datar tersebut sesuai jenis dan ukurannya, setelah itu siswa diminta menjiplak dan menggambarkan macam-macam bangun datar tersebut pada buku catatan masing-masing, untuk memotivasi siswa agar aktif mengeksplorasi objek yang sedang dipelajari (eksplorasi)
Fase 3 (Uraian)
h.      Guru memberi motivasi kepada siswa untuk menyampaikan hasil diskusinya (elaborasi)
i.        Guru meminta salah satu siswa untuk maju ke depan menyampaikan hasil diskusinya. Siswa yang lain memberikan tanggapan. (eksplorasi)
Fase 4 (Orientasi Bebas)
j.        Guru memberikan kuis untuk dijawab siswa (elaborasi)
k.      Guru memberikan evaluasi berkaitan dengan materi (post tes).
Fase 5 (Integrasi)
l.        Guru meminta siswa untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari. Menanyakan hal-hal yang masih belum dimengerti.(elaborasi)
4.      Kegiatan akhir
a.       Guru bersama Siswa menyimpulkan hasil diskusi.
b.      Guru memberikan penguatan pada proses pembelajaran
c.       Guru memberikan umpan balik dengan cara memeriksa tugas siswa tersebut
d.      Guru memberikan reward kepada siswa yang hasilnya bagus
e.       Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya apa yang kurang dimengerti

VIII. SUMBER BELAJAR
·         Silabus dan Standar Isi
·         Pembelajaran Matematika SD. Penerbit: Universitas Terbuka 2010.
·         Pendidikan Matematika 3. Penerbit: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan 1993.
·         id.wikipedia.org

IX.       MEDIA
1.    Gambar bangun-bangun datar
2.    Alat peraga bangun-bangun datar


X.          PENILAIAN
a.       Teknik          : Tes tertulis
b.      Bentuk         : Essay
c.       Alat tes         : Terlampir


                                                      
Mengetahui,
Kepala Sekolah


(………………………)
NIP………………….
Semarang,       Maret 2013

Guru Kelas II


(………………………)
NIP. …………………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar