Berikut contoh RPP Van Hiele buatanq, tolong beri komentarnya ya demi pembelajaran bersama. terima kasih :), semoga bermanfaat.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
(RPP)
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester : II/ 2
Alokasi waktu :
2 x 35 menit ( 1 x pertemuan)
I.
STANDAR
KOMPETENSI
4. Mengenal
unsur-unsur bangun datar sederhana
II.
KOMPETENSI
DASAR
4.1. Mengelompokkan bangun datar
III. INDIKATOR
3.1.2 Mengelompokan bangun-bangun datar menurut bentuknya
3.1.3 Mengurutkan bangun-bangun datar menurut ukurannya
IV.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Melalui pengamatan
gambar bangun datar siswa dapat mengelompokkan bangun-bangun datar menurut
bentuknya dengan tepat
2.
Melalui
pengamatan gambar bangun datar siswa dapat mengurutkan bangun-bangun datar
menurut ukurannya dengan tepat
3.
Dengan
analisis gambar bangun-bangun datar, siswa dapat menyebutkan yang termasuk
kelompok segi empat, minimal 2 macam.
Karakter yang
diharapkan:
Kedisiplinan,
ketelitian, tanggung jawab, percaya diri, keberanian
V.
MATERI
POKOK :
Macam-macam Bangun datar
VI. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
Ø Metode
yang digunakan :
a. Tanya
jawab
b. Demonstrasi
c. Inquiry
d. Penugasan
Ø Model
Pembelajaran :
Model
Pembelajaran Van hiele
VII. LANGKAH PEMBELAJARAN
1.
Pra
Pembelajaran
a. Menyiapkan
rencana pembelajaran
b. Salam
c. Doa
d. Presensi
e. Mengatur
tempat duduk siswa
2.
Kegiatan
Awal
a.
Guru mengajak siswa untuk menyanyikan
lagu “balonku”
b.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
yang akan dicapai
3. Kegiatan Inti
Fase 1 (Inkuiri/Informasi)
a.
Dengan tanya jawab
antara guru dengan siswa, guru menyampaikan konsep-konsep awal tentang bangun
datar, untuk menggali sejauh mana pengetahuan siswa terhadap materi yang akan
dipelajari. (eksplorasi)
b.
Guru mengajukan
informasi baru dalam setiap pertanyaan yang dirancang secermat mungkin. Balon
itu bentuknya apa? Seperti Apa itu segiempat? Apa saja yang termasuk segi
emapat? dan seterusnya. (eksplorasi)
Fase 2 (Orientasi Berarah)
c.
Guru Menunjukkan
gambar-gambar bangun datar, siswa
menyebutkan bangun datar yang ditunjukkan guru.(eksplorasi)
d.
Guru membagi kelas
menjadi beberapa kelompok heterogen yang beranggotakan 4-5 orang.(elaborasi)
e.
Guru membagikan
gambar-gambar bangun datar kepada dan LKS untuk tiap-tiap kelompok.(elaborasi)
f.
Siswa berdiskusi untuk
mengerjakan LKS yang diberikan oleh guru. (eksplorasi)
g.
Guru meminta setiap
siswa untuk mengelompokkan bangun datar tersebut sesuai jenis dan ukurannya,
setelah itu siswa diminta menjiplak dan menggambarkan macam-macam bangun datar
tersebut pada buku catatan masing-masing, untuk memotivasi siswa agar aktif
mengeksplorasi objek yang sedang dipelajari (eksplorasi)
Fase 3 (Uraian)
h.
Guru memberi motivasi
kepada siswa untuk menyampaikan hasil diskusinya (elaborasi)
i.
Guru meminta salah satu
siswa untuk maju ke depan menyampaikan hasil diskusinya. Siswa yang lain
memberikan tanggapan. (eksplorasi)
Fase 4 (Orientasi Bebas)
j.
Guru memberikan kuis
untuk dijawab siswa (elaborasi)
k. Guru
memberikan evaluasi berkaitan dengan materi (post tes).
Fase 5 (Integrasi)
l.
Guru meminta siswa untuk
menyimpulkan materi yang telah dipelajari. Menanyakan hal-hal yang masih belum
dimengerti.(elaborasi)
4. Kegiatan akhir
a. Guru
bersama Siswa menyimpulkan hasil diskusi.
b. Guru
memberikan penguatan pada proses pembelajaran
c. Guru
memberikan umpan balik dengan cara memeriksa tugas siswa tersebut
d. Guru
memberikan reward kepada siswa yang hasilnya bagus
e. Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya apa yang kurang dimengerti
VIII. SUMBER BELAJAR
·
Silabus dan Standar Isi
·
Pembelajaran Matematika
SD. Penerbit: Universitas Terbuka 2010.
·
Pendidikan Matematika
3. Penerbit: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
1993.
·
id.wikipedia.org
IX. MEDIA
1.
Gambar bangun-bangun
datar
2.
Alat peraga
bangun-bangun datar
X.
PENILAIAN
a. Teknik
: Tes tertulis
b. Bentuk
: Essay
c. Alat
tes : Terlampir
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
(………………………)
NIP………………….
|
Semarang, Maret 2013
Guru Kelas II
(………………………)
NIP.
…………………
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar