Kamis, 02 Mei 2013

Karakteristik dan tugas-tugas perkembangan

Pada masa kanak-kanak disebut juga sebagai masa yang "tidak rapi". masa kanak-kanak akhir itu dari usia berapa Little Chiyo?
aku terperanjat mendengar pertanyaa dari dosen Psikologi pendidikanku. aku sudah memperhatikan dengan sungguh-sungguh setiap pertanyaan dari beliau, tapi tetap saja ketika beliau berhenti bercerita dan melontarkan pertanyaan,aku hanya terkaget-kaget bingung harus menjawab apa...
Masih terkaget-kaget, aku mebolak-balik makalahku. tapi tak menemukan apa-apa. padahal aku ingat memasukkan materi tentang masa kanak-kanak akhir dalam makalah Karakteristik dan tugas-tugas perkembangan milikku. 
"umur 12 tahun bu" aku menjawab sekenanya.
raut muka dosenku berubah merah, menahan kemarahan. beliau kemudian melemparkan pertanyaan kepada peserta kuliah lain. ceramah menyalahkan para peserta kuliah yang tidak pernah mau membuka materi-materi yang sebelumnya.
aku hanya terdiam. tak lama ku terdiam Dosen Psikologi pendidikanku kemudian melontarkan pertanyyan lagi padaku
orang tua kan sangat berperan dalam membiasakan siswa agar sifat tidak rapinya itu dapat berkurang atau bahkan hilang, nah kalau sebagai guru apa yang dilakukan little chiyo chan?
dengan nada bicara yang sangat khas beliau kembali memompa jantungku bekerja lebih cepat.
"emhhh dengan memberikan contoh bu,"
"contoh seperti apa itu"
"menjadi tauladan yang baik bu, guru sebelum memberikan pengertian kepada siswa agar rapi guru terlebih dahulu harus rapi."
"lha contohnya itu seperti apa guru yang rapi itu?"
aku kembali mengikuti alur takdirku yang terus berputar-putar. terpental sendiri dari orbit ketika Ibu dosen sudah bosan mendengarkan ocehanku yang tidak jelas arah tujuannya... -_-


#pelajaran yang sangat berharga bagi diriku.... menuju kepada perubahan yang lebih baik lagi... amin
ganbatte :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar