S I L A B U S
NAMA SEKOLAH : SD Boja
Mapel :
Mulok Kerajinan Gerabah
KELAS/SEMESTER : VI/I
No
|
Standar Kompetensi
|
Kompentesi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Alat / Sumber
|
1
|
1. Mengapresiasi
Kerajinan gerabah
|
1.1.
Mengidentifikasi macam-macam
kerajinan gerabah dan bahan bakunya di daerah setempat
|
- macam-macam kerajinan gerabah
di daerah Boja
|
-
Siswa
mencari informasi, membaca, atau mendengarkan cerita guru atau narasumber.
-
Siswa berdiskusi untuk mengidentifikasi macam-macam kerajinan Gerabah
-
Siswa menyebutkan kerajinan gerabah yang ada di lingkungan tempat
tinggal siswa
|
·
1.1.1.
Menyelidiki macam-macam kerajinan gerabah di
lingkungan sekitar tempat tinggal
siswa
|
Teknik:
- Tertulis,
- Lisan,
- Perbuatan
Bentuk:
- Pilihan Ganda,
- Essay,
- perbuatan
Instrumen:
- LKS,
- Lembar soal
|
1x pertemuan @2 jam pelajaran
|
Gambar-gambar
hasil kerajinan gerabah, buku yang relevan, lingkungan sekitar.
|
1.2.
Mengidentifikasi fungsi kerajinan gerabah dalam kehidupan
sehari-hari
|
Fungsi
gerabah
|
-
Siswa mencari informasi, membaca, atau mendengarkan cerita guru atau
narasumber.
-
Siswa berdiskusi untuk mengidentifikasi fungsi gerabah dalam kehidupan
sehari-hari
-
Siswa menyebutkan fungsi-fungsi gerabah bagi kehidupan sehari-hari
siswa di depan kelas.
|
·
1.2.1 Menyebutkan fungsi gerabah
bagi kehidupan sehari-hari
|
Teknik:
- Tertulis,
- Lisan,
- Perbuatan
Bentuk:
- Pilihan Ganda,
- Essay,
- perbuatan
Instrumen:
- LKS,
- Lembar soal
|
1x pertemuan @2 jam pelajaran
|
Buku-buku
sumber yang relevan
|
||
1.3.
Mengidentifikasi jenis-jenis
bahan baku untuk pembuatan kerajinan gerabah
|
-
Jenis-jenis
bahan baku pembuatan gerabah
-
Cara pengolahan bahan baku
|
-
Siswa
mencari informasi, membaca, atau mendengarkan cerita guru atau narasumber
mengenai jenis-jenis bahan baku pembuatan gerabah dan pengolahannya.
-
Siswa berdiskusi untuk mengidentifikasi jenis-jenis bahan baku
pembuatan gerabah
|
·
1.3.1
|
Teknik:
- Tertulis,
- Lisan,
- Perbuatan
Bentuk:
- Pilihan Ganda,
- Essay,
- Perbuatan
Instrumen:
- LKS,
- Lembar soal
|
1x pertemuan @2 jam pelajaran
|
Buku-buku yang
relevan, narasumber langsung
|
||
2.
|
2. Memiliki
keterampilan membuat Kerajinan gerabah Sederhana
|
2.1. Mengenal
alat dan teknik-teknik pembuatan kerajinan gerabah
|
- Alat-alat yang digunakan untuk membuat
Kerajinan gerabah
- Cara
pembuatan gerabah
|
-
Siswa
mencari informasi, membaca, atau mendengarkan cerita guru atau narasumber.
-
Berkunjung
ke sentra industri gerabah Meteseh untuk mengetahui bahan, alat, dan proses
pembuatan gerabah
-
Siswa
membuat laporan sederhana hasil observasi
|
·
2.1.1
Merinci alat-alat yang diperlukan dalam pembuatan
kerajinan gerabah.
2.1.2
Menjelaskan teknik-teknik pembuatan gerabah
|
Teknik:
- Tertulis,
- Lisan,
- Perbuatan
Bentuk:
- Pilihan Ganda,
- Essay,
- perbuatan
Instrumen:
- LKS,
- Lembar soal
- Portofolio
|
3x pertemuan @ 2jam pelajaran
|
Buku-buku yang
relevan, narasumber langsung, pengamatan langsung
|
|
Mampu membuat kerajinan gerabah
sederhana.
|
Cara pembuatan kerajinan Gerabah
Cara menghias kerajinan gerabah yang telah
dibuat.
|
-
Siswa merancang kerajinan gerabah yang akan di buat.
-
Siswa mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan.
-
Siswa membuat kerajinan gerabah sederhana sesuai dengan
kreasi masing-masing
-
Siswa menghias hasil karyanya menggunakan atau cat
minyak
-
Siswa membuat
laporan hasil pekerjaan dan portofolio kegiatan
|
·
2.2.1
Merancang Kerajinan gerabah yang akan di buat
2.2.2
Membuat kerajinan gerabah sederhana
2.2.3
Menghias kerajinan gerabah menggunakan cat minyak.
|
Teknik:
- Tertulis,
- Lisan,
- Perbuatan
Bentuk:
- Pilihan Ganda,
- Essay,
- Perbuatan
- unjuk
kerja/hasil karya
Instrumen:
- LKS,
- Lembar soal
- Portofolio
|
4x pertemuan @ 2jam pelajaran
|
Gambar-gambar
kerajinan gerabah, Buku-buku yang relevan, narasumber langsung, pengamatan
langsung
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar