Senin, 03 Juni 2013

Contoh Silabus Mulok



S I L A B U S

NAMA SEKOLAH           : SD Boja
Mapel                                 : Mulok Kerajinan Gerabah                                                                       
KELAS/SEMESTER         : VI/I

No
Standar Kompetensi
Kompentesi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator

Penilaian
Alokasi Waktu
Alat / Sumber

1
1.    Mengapresiasi Kerajinan gerabah
1.1.       Mengidentifikasi macam-macam kerajinan gerabah dan bahan bakunya di daerah setempat

-   macam-macam kerajinan gerabah di daerah Boja
-          Siswa mencari informasi, membaca, atau mendengarkan cerita guru atau narasumber.
-          Siswa berdiskusi untuk mengidentifikasi macam-macam kerajinan Gerabah
-          Siswa menyebutkan kerajinan gerabah yang ada di lingkungan tempat tinggal siswa
·          
1.1.1.   Menyelidiki macam-macam kerajinan gerabah di lingkungan sekitar  tempat tinggal siswa
Teknik:
- Tertulis,
- Lisan,
- Perbuatan
Bentuk:
- Pilihan Ganda,
- Essay,
- perbuatan
Instrumen:
- LKS,
- Lembar soal

1x pertemuan @2 jam pelajaran
Gambar-gambar hasil kerajinan gerabah, buku yang relevan, lingkungan sekitar.
1.2.       Mengidentifikasi fungsi  kerajinan gerabah dalam kehidupan sehari-hari

Fungsi gerabah
-          Siswa mencari informasi, membaca, atau mendengarkan cerita guru atau narasumber.
-          Siswa berdiskusi untuk mengidentifikasi fungsi gerabah dalam kehidupan sehari-hari
-          Siswa menyebutkan fungsi-fungsi gerabah bagi kehidupan sehari-hari siswa di depan kelas.
·          
1.2.1 Menyebutkan fungsi gerabah bagi kehidupan sehari-hari
Teknik:
- Tertulis,
- Lisan,
- Perbuatan
Bentuk:
- Pilihan Ganda,
- Essay,
- perbuatan
Instrumen:
- LKS,
- Lembar soal

1x pertemuan @2 jam pelajaran
Buku-buku sumber yang relevan
1.3.       Mengidentifikasi jenis-jenis bahan baku untuk pembuatan kerajinan gerabah

-          Jenis-jenis bahan baku pembuatan gerabah
-          Cara pengolahan bahan baku

-          Siswa mencari informasi, membaca, atau mendengarkan cerita guru atau narasumber mengenai jenis-jenis bahan baku pembuatan gerabah dan pengolahannya.
-          Siswa berdiskusi untuk mengidentifikasi jenis-jenis bahan baku pembuatan gerabah
·         1.3.1
Teknik:
- Tertulis,
- Lisan,
- Perbuatan
Bentuk:
- Pilihan Ganda,
- Essay,
- Perbuatan
Instrumen:
- LKS,
- Lembar soal

1x pertemuan @2 jam pelajaran
Buku-buku yang relevan, narasumber langsung
2.       

2.  Memiliki keterampilan membuat Kerajinan gerabah Sederhana
2.1.       Mengenal alat dan teknik-teknik pembuatan kerajinan gerabah

-  Alat-alat yang digunakan untuk membuat Kerajinan gerabah
- Cara pembuatan gerabah
-          Siswa mencari informasi, membaca, atau mendengarkan cerita guru atau narasumber.
-          Berkunjung ke sentra industri gerabah Meteseh untuk mengetahui bahan, alat, dan proses pembuatan gerabah
-          Siswa membuat laporan sederhana hasil observasi

·          
2.1.1           Merinci alat-alat yang diperlukan dalam pembuatan kerajinan gerabah.
2.1.2     Menjelaskan teknik-teknik pembuatan gerabah
Teknik:
- Tertulis,
- Lisan,
- Perbuatan
Bentuk:
- Pilihan Ganda,
- Essay,
- perbuatan
Instrumen:
- LKS,
- Lembar soal
- Portofolio
3x pertemuan @ 2jam pelajaran
Buku-buku yang relevan, narasumber langsung, pengamatan langsung

2.2.      Mampu membuat kerajinan gerabah sederhana.
Cara pembuatan kerajinan Gerabah
Cara menghias kerajinan gerabah yang telah dibuat.
-          Siswa merancang kerajinan gerabah yang akan di buat.
-          Siswa mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan.
-          Siswa membuat kerajinan gerabah sederhana sesuai dengan kreasi masing-masing
-          Siswa menghias hasil karyanya menggunakan atau cat minyak
-          Siswa membuat  laporan hasil pekerjaan dan portofolio kegiatan
·          
2.2.1     Merancang Kerajinan gerabah yang akan di buat
2.2.2     Membuat kerajinan gerabah sederhana
2.2.3     Menghias kerajinan gerabah menggunakan cat minyak.
Teknik:
- Tertulis,
- Lisan,
- Perbuatan
Bentuk:
- Pilihan Ganda,
- Essay,
- Perbuatan
- unjuk kerja/hasil karya
Instrumen:
- LKS,
- Lembar soal
- Portofolio
4x pertemuan @ 2jam pelajaran
Gambar-gambar kerajinan gerabah, Buku-buku yang relevan, narasumber langsung, pengamatan langsung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar