RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester : IV
/ 2
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
I.
Standar
Kompetensi
11.
Mengapresiasi
Karya Seni Musik
II.
Kompetensi
Dasar
11.3
Mengidentifikasi
Alat Musik Melodis
III.
Indikator
11.3.1
Menjelaskan ciri-ciri alat musik melodis.
IV.
Tujuan
Pembelajaran
1. Ditunjukkan gambar alat musik melodis siswa dapat menjelaskan
ciri-ciri alat musik melodis dengan tepat.
2.
Melalui
pengamatan terhadap gambar alat musik siswa dapat membedakan alat musik melodis dan alat musik ritmis dengan bimbingan guru.
Karakter yang diharapkan : disiplin, Teliti, rajin, mandiri, kreatif, saling menghargai,
percaya diri, kritis, jujur, dan bertaggung jawab.
V.
Materi
Pembelajaran
Alat
Musik Melodis: Recorder dan Pianika
VI.
Metode
Dan Model Pembelajaran
Metode
Pembelajaran :
1. Penugasan
2. Tanya
jawab
3. Kerja
kelompok
Model
Pembelajaran :
Example
non example
VII. Media Pembelajaran
-
Gambar alat
musik melodis
-
Gambar alat
musik ritmis
VIII.
Sumber
Belajar
1. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan tahun 2006.
2. Buku
Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Trianto, S.Pd,
M.Pd.
3. Buku Seni budaya dan keterampilan SD.
IX.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
1.
Pra
Pembelajaran (5 menit)
§ Salam
§ Doa dan Presensi
2. Kegiatan Awal (5 Menit)
§ Guru Menuliskan Topik yang akan di bahas.
§ Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
§ Guru mengaitkan materi yang akan di pelajari dengan
materi sebelumnya.
3.
Kegiatan
Inti (40
menit)
a.
Guru membagi
kelas menjadi kelompok-kelompok yang beranggotakan 4-5 orang .
(Elaborasi).
b.
Guru menempelkan
gambar alat musik melodis di papan tulis. (elaborasi)
c.
Guru meminta kepada
masing-masing kelompok untuk membuat rangkuman tentang macam-macam gambar yang
ditunjukkan oleh guru. (elaborasi)
d.
Peserta didik melakukan
diskusi untuk membahas gambar yang ditunjukkan oleh guru. (eksplorasi)
e.
Perwakilan
salah satu kelompok mempresentasikan hasil rangkumannya, sementara kelompok
yang lain sebagai penyanggah
dan penanya.(eksplorasi)
f.
Guru memberikan
penguatan pada hasil diskusi siswa. (konfirmasi)
g.
Guru memberikan umpan
balik dengan cara memeriksa hasil
diskusi siswa tersebut (konfirmasi)
h.
Guru memberikan
reward kepada kelompok yang mendapatkan nilai tertinggi.
4.
Kegiatan
Akhir (20
menit)
§ Guru
memberikan evaluasi berkaitan dengan materi
§ Guru memberikan umpan balik dengan memeriksa hasil
pekerjaan siswa.
§ Guru
bersama Siswa menyimpulkan hasil diskusi.
§ Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya apa yang kurang dimengerti.
§ Guru menyampaikan topik yang akan dipelajari pada
pertemuan selanjutnya.
X. Penilaian
1.
Teknik :
tes lisan dan tertulis
2.
Prosedur :
proses, akhir pembelajaran
3.
Bentuk :
-
Lisan
: tanya jawab
-
Tertulis : uraian
Mengetahui,
Kepala Sekolah
(………………………)
NIP………………….
|
Semarang, Mei
2013
Guru Kelas IV
(………………………)
NIP. …………………
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar