Senin, 03 Juni 2013

RPP MENGOLAH DAN MENYAJIKAN DATA DALAM BENTUK TABEL (kelas 6 smt 1)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

                        Sekolah                             :     ………………..
                        Mata Pelajaran                  :     Matematika
                        Kelas / Semester                :     VI / I
                        Aspek                                :     Pengolahan Data
                        Materi Pokok / Topik        :     Penyajian Data dalam bentuk tabel
                        Alokasi Waktu                  :     2 x 35 menit
                       

A.    Standar Kompetensi
4.      Mengumpulkan dan mengolah data.

B.     Kompetensi Dasar
4.2.   Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk tabel.

C.    Indikator
4.2.1              Menyajikan data dalam bentuk tabel
4.2.2              Menentukan data terendah dari tabel data.
4.2.3              Menentukan data tertinggi dari tabel data.

D.    Tujuan pembelajaran :
1.         Disediakan data umur siswa Kelas VI SD Ngaliyan 02, siswa dapat menyajikan data tersebut dalam bentuk tabel dengan benar.
2.         Melalui pengamatan terhadap tabel data, siswa dapat menentukan data terendah dari tabel dengan tepat.
3.         Melalui pengamatan terhadap tabel data, siswa dapat menentukan data tertinggi dari tabel dengan tepat.
Karakter  Siswa Yang Diharapkan
Disiplin ( Discipline ), Tekun       ( Diligence ), Tanggung jawab ( Responsibility ), Ketelitian  ( Carefulness ), Kerja sama  ( Cooperation ), Percaya diri ( Confidence ), Keberanian ( Bravery ).

E.     Materi Pokok
Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk tabel

F.     Model dan Metode Pembelajaran
1.      STAD
2.      Ceramah
3.      Diskusi
4.      Tanya Jawab

G.    Langkah-langkah pembelajaran :
Kegiatan Awal (15 menit)
1.    Pengkondisian Kelas
2.    Guru menuliskan judul materi.
3.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
4.    Menggali pengetahuan prasyarat anak-anak dengan mengajukan beberapa pertanyaan:
o  Siapa yang didatangi petugas sensus penduduk?
o  Siapa yang pernah didata oleh Panitia Pemilihan Kepala Desa di desamu?
5.    Guru menyampaikan masalah kontekstual: “Andi telah mencatat umur kelas VI SD Ngaliyan 02 yaitu: 13, 13, 11, 12, 14, 11, 13, 12, 11, 11, 13, 11, 11, 12, 11, 12, 13, 11, 12, 12 (th).”     
Ø Apakah penulisan data umur kelas VI SD Ngaliyan 02 tersebut sudah urut?
Ø Siapa yang dapat menuliskan data umur kelas VI SD Ngaliyan 02 tersebut?
6.    Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mencoba menjawab.
7.    Guru memberikan motivasi pada siswa dengan menyampaikan pentingnya materi yang akan dipelajari.
Kegiatan Inti (25 menit)
8.         Guru menyampaikan informasi mengenai Penyajian data kedalam bentuk tabel (eksplorasi)
9.         Siswa menyimak informasi dari guru.(eksplorasi)
10.     Guru memberikan kuis dengan menggunakan data Umur Kelas VI SD Ngaliyan 02. (elaborasi)
11.     Guru Menunjuk siswa secara acak untuk menjawab kuis dari guru, dengan maju ke depan, menyajikan data  yang tersedia ke dalam bentuk tabel. (elaborasi)
12.     Siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok dengan anggota masing-masing 5 anak . (elaborasi)
13.     Guru membagikan LKS pada masing-masing kelompok (elaborasi)
14.     Siswa berdiskusi secara kelompok mengerjakan LKS dari guru (LKS berisi tugas untuk mengumpulkan data dan menyajikannya dalam bentuk tabel) (elaborasi)
15.     Guru membimbing jalannya diskusi (elaborasi)
16.     Guru meminta agar masing-masing kelompok melaporkan hasil kerja kelompoknya. (elaborasi)
17.     Guru melengkapi keterangan siswa / kelompok agar menjadikan siswa lebih paham (elaborasi)
18.     Guru memberi penguatan mengenai materi yang telah dipelajari (konfirmasi)
19.     Guru memberi kesempatan pada siswa untuk bertanya hal yang belum dipahami (konfirmasi)
20.     Guru memberi penghargaan pada siswa yang aktif (konfirmasi)
       Kegiatan Akhir (30 Menit)
21.     Siswa bersama guru menyimpulkan materi mengenai penyajian data dalam bentuk
22.     Guru mengadakan evaluasi.
23.     Tindak lanjut berupa Pekerjaan Rumah.
24.     Guru memotivasi siswa untuk belajar dengan baik dan mempersiapkan materi yang akan dipelajari selanjutnya
25.     Guru menutup pelajaran

H.    Penilaian
Teknik Penilaian : tertulis, performance
Bentuk Instrumen : Lembar Kerja Siswa, Evaluasi

I.       Sumber dan Media Pembelajaran
Sumber Pembelajaran:
§  Standar Isi
§  Standar Proses
§  BSE Buku Matematika kelas VI Semester 1
§  Buku Pengembangan Pembelajaran Matematika oleh Purwoko
§  Model-Model Pembelajaran Inovatif oleh Trianto (2007)
§  Pokok-Pokok Materi Statistik 1 edisi Kedua oleh Ir. M. Iqbal Hasan,M.M

Media Pembelajaran : 
§  Data Umur kelas VI SD Ngaliyan 02
§  Data hasil Ulangan Matematika Kelas 6


                                                                             Semarang, ……..Mei 2013

Mengetahui,
Kepala Sekolah


NIP…………………….

Guru Kelas,


NIP……………….





Lampiran 1
MATERI
Penyajian Data
      Data yang sudah di olah, agar mudah dibaca dan dimengerti oleh orang lain atau mengambil pengambilan keputusan, perlu disajikan ke dalam bentuk-bentuk tertentu.
      Penyajian data memiliki fungsi antara lain:
a.       Menunjukkan perkembangan suatu keadaan
b.      Mengadakan perbandingan pada suatu waktu.
Penyajian data dapat dilakukan melalui tabel dan grafik
Tabel Data
      Tabel data, adalah penyajian data dalam bentuk tampilan yang disusun menurut kategori-kategori tertentu, dalam suatu daftar. Dalam tabel, data disusun dengan cara alfabetis, geografis, menurut besarnya angka, historis, atau menurut kelas-kelas yang lazim.
Sebuah tabel memuat bagian-bagian sebagai berikut
1)      Kepala Tabel, memuat: nomor tabel dan judul tabel (mungkin termasuk tahun dan atau unit)
2)      Leher Tabel, memuat keterangan atau judul kolom (mungkin termasuk unit)yang harus ditulis singkat dan jelas.
3)      Badan Tabel, memuat data (mungkin termasuk tahun)
4)      Kaki Tabel, memuat: a) keterangan-keterangan tambahan, b) sumber data, yaitu sumber yang menjelaskan dari mana data itu dikutip atau diambil.
Contoh:
Rounded Rectangle: KepalaTABEL 2.1 HARGA BEBERAPA KOMODITAS EKSPOR
(Rp/Kuintal)
Nama Komoditas
Rounded Rectangle: LeherTahun
1977
1979
1981
Karet
Kopi
Teh
Kopra
28.464
126.438
72.167
20.611
68.726
125.431
68.333
25. 109

57. 556
78.780
Rounded Rectangle: Badan69.375
26.736
Jumlah
257.680
287.599
Rounded Rectangle: Kaki232.447
        Sumber: Statistik Indonesia, 1982. BPS

Dalam Penyusunan tabel, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan,yaitu:
1)      Judul tabel dibuat singkat dan jelas. Bila perlu diberikan keterangan yang dicantumkan di kaki tabel.
2)      Judul atau kepala kolom dibuat ringkas. Jika ada penjumlahan data dalam baris, dimuat pada kolom terakhir. Apabila jumlah kolom banyak, dapat diberi nomor. Pencantuman unit ukuran tidak boleh dilupakan.
3)      Jika dianggap perlu, data dapat dikelompok-kelompkkan. Kelompok data yang akan dibandingkan, diletakkan berdekatan. Penjumlahan data dalam kolom dimuat pada baris pailing bawah.
4)      Keterangan di bawah (foot note) dimuat untuk member penjelasan mengenai judul, kepala kolom, atau angka-angka dalam tabel.
5)      Sumber data dicantumkan untuk mengetahui dari mana data yang bersangkutan di peroleh dan jika perlu dapat diadakan pengecekan dari sumber aslinya. Data untuk bidang tertentu dapat diperoleh dari Biro Pusat statistic, Bank Indonesia, Departemen Keuangan.

            Didasarkan atas pengaturan datanya, tabel dapat dibedakan atas beberapa jenis, yaitu tabel frekuensi, tabel klasifikasi, tabel kontingensi dan tabel korelasi.
a)      Tabel Frekuensi
Tabel Frekuensi yaitu tabel yang menunjukkan atau memuat banyaknya kejadian atau frekuensi dari suatu kejadian.
b)      Tabel Klasifikasi
Tabel Klasifikasi adalah tabel yang menunjukkan atau memuat pengelompokkan data. Tabel Klasifikasi dapat berupa tabel tunggal dan tabel ganda.
c)      Tabel Kontingensi
Tabel kontingensi adalah tabel yang menunjukkan atau memuat data sesuai dengan rinciannya. Apabila bagian baris tabel berisikan m baris dan bagian kolom tabel berisikan n kolom maka didapatkan tabel kontingensi berukuran m x n.
d)     Tabel Korelasi
Tabel korelasi adalah tabel yang menunjukkan atau memuat adanya korelasi (hubungan) antara data yang disajikan.

3 komentar: